Rabu, 19 September 2012

DASAR PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK



ü Pengertian Objek = Representasi sebuah item, unit atau entitas individu, dapat diidentifikasi,real atau abstrak.
ü Contoh Objek:-Tangible: mobil, printer,..
-Peranan: pekerja, boss,..
ü KOMPONEN OBJEK:
Objek=Atribut+Operasi
Atribut Merupakan data dalam system dimanipulasi oleh operasi dalam implementasi, atribut mungkin berupa objek lain, atau rujukan ke objek lain.
Operasi disebut juga Method yaitu Dapat memanipulasi atribut dalam sebuah kelas,Dapat memanggil operasi lain dalam kelas yang lain,Mengirim dan menerima informasi/pesan sebagai parameter.
Representasi objek memiliki nama misal kucing,objek memiliki atribut yang mendefinisikan keadaan misal:warna,berat dan jenis kelamin.objek memiliki operasi menyatakan apa yang dilakukan misal:mengeong,mencakar dan berbaring.
Ø Class(kelas) = Sekumpulan objek-objek yang sama.
Ø Semua objek dalam suatu kelas memiliki atribut dan operasi yang sama, tetapi nilai atribut dapat berbeda.
Ø Suatu objek tertentu merupakan instance sebuah kelas.
*Konsep-konsep PBO
§ Pengertian secara abstrak => suatu sistem dalam bentuk yang lebih sederhana, yaitu sebagai suatu kumpulan sub sistem (object) yang saling berinteraksi.
§ Modularity: Sifat object adalah modular. Object dapat ditulis dan dimaintain terpisah (independen) dari object lain.
§ Contoh : Mobil adalah kumpulan sistem pengapian, sistem kemudi, sistem pengereman.
o Pengertian Enkapsulasi => Suatu teknik di mana data dibuat dalam suatu paket beserta dengan fungsi yang bersesuaian.
o Antar muka ke objek didefinisikan sedemikian rupa sehingga memperlihatkan sekecil mungkin bagaimana objek bekerja.
o Mekanisme menyembunyikan suatu proses dalam sistem untuk menghindari interferensi dan menyederhanakan penggunaan sistem itu sendiri.
§ Pengartian Polimorfisme : Kemampuan objek-objek yang berbeda untuk memberi respons terhadap permintaan yang sama,sesuai dengan cara masing-masing objek.
2.KONSEP PEMOGRAMAN DAN PARADIGMANYA
Þ Bahasa Pemograman yaitu Komputer bekerja seperti switching dan hanya mengenali 0 dan 1
  • Manusia tidak (paham) berbicara dengan bahasa 0 dan 1
  • Perlu bahasa pemrograman yang dapat menjadi perantara percakapan antara komputer dan manusia
  • Bahasa pemrograman diubah ke dalam bahasa yang dipahami oleh komputer dengan menggunakan interpreter atau kompiler.
Þ Compiler:
Mengkompilasi source code menjadi bentuk file yang bisa dieksekusi.
Þ Interpreter:
Mengkompilasi dan menjalankan source code secara langsung.
Þ Tingkat Bahasa Pemograman :
  • Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah(Assembler)
  • Bahasa Pemrograman Tingkat Sedang (C, Pascal, fortran)
  • Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (Java, C++)
CLASS DAN OBJEK
=>Definisi Class dan Objek: sekumpulan objek-objek yang sama,
  • Semua objek dalam suatu kelas memiliki atribut dan operasi yang sama, tetapi nilai atribut dapat berbeda.
  • Suatu objek tertentu merupakan instance sebuah kelas.
=>Class dan Objek : Sekumpulan bola merupakan suatu kelas,
o Seluruh bola memiliki ukuran, berat dan warna, posisi
o Seluruh bola dapat dilempar dan ditangkap
o Bola yang berbeda mungkin memiliki ukuran, berat dan warna yang berbeda – merupakan instances

Tidak ada komentar:

Posting Komentar