ü Pengertian Objek = Representasi
sebuah item, unit atau entitas individu, dapat diidentifikasi,real atau abstrak.
ü Contoh
Objek:-Tangible: mobil, printer,..
-Peranan: pekerja, boss,..
ü KOMPONEN OBJEK:
Objek=Atribut+Operasi
|
Atribut Merupakan data dalam system
dimanipulasi oleh operasi dalam implementasi, atribut mungkin berupa objek
lain, atau rujukan ke objek lain.
Operasi disebut juga Method yaitu
Dapat memanipulasi atribut dalam sebuah kelas,Dapat memanggil operasi lain
dalam kelas yang lain,Mengirim dan menerima informasi/pesan sebagai parameter.
Representasi objek memiliki nama misal
kucing,objek memiliki atribut yang mendefinisikan keadaan misal:warna,berat dan
jenis kelamin.objek memiliki operasi menyatakan apa yang dilakukan
misal:mengeong,mencakar dan berbaring.
Ø Class(kelas) = Sekumpulan objek-objek yang sama.
Ø Semua objek dalam suatu kelas memiliki atribut dan operasi yang sama,
tetapi nilai atribut dapat berbeda.
Ø Suatu
objek tertentu merupakan instance sebuah kelas.
Konsep-konsep
PBO
§
Pengertian secara abstrak =>
suatu sistem dalam bentuk yang lebih sederhana, yaitu sebagai suatu kumpulan sub sistem
(object) yang saling berinteraksi.
§
Modularity: Sifat object adalah
modular. Object dapat ditulis
dan dimaintain terpisah (independen) dari object lain.
§ Contoh : Mobil adalah
kumpulan sistem pengapian, sistem kemudi, sistem pengereman.
o Pengertian Enkapsulasi => Suatu teknik di mana data dibuat dalam suatu
paket beserta dengan fungsi yang bersesuaian.
o Antar muka ke objek didefinisikan sedemikian rupa sehingga memperlihatkan
sekecil mungkin bagaimana objek bekerja.
o Mekanisme menyembunyikan suatu proses dalam sistem untuk menghindari interferensi
dan menyederhanakan penggunaan sistem itu sendiri.
§ Pengartian
Polimorfisme : Kemampuan objek-objek yang berbeda untuk memberi respons
terhadap permintaan yang sama,sesuai dengan cara masing-masing objek.
2.KONSEP
PEMOGRAMAN DAN PARADIGMANYA
Þ Bahasa
Pemograman yaitu Komputer
bekerja seperti switching dan hanya mengenali 0 dan 1
- Manusia tidak (paham) berbicara dengan bahasa 0 dan 1
- Perlu bahasa pemrograman yang dapat menjadi perantara percakapan antara komputer dan manusia
- Bahasa pemrograman diubah ke dalam bahasa yang dipahami oleh komputer dengan menggunakan interpreter atau kompiler.
Þ
Compiler:
Mengkompilasi
source code menjadi bentuk file yang bisa dieksekusi.
Þ
Interpreter:
Mengkompilasi dan menjalankan source code secara
langsung.
Þ Tingkat Bahasa
Pemograman :
- Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah(Assembler)
- Bahasa Pemrograman Tingkat Sedang (C, Pascal, fortran)
- Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (Java, C++)
CLASS DAN OBJEK
=>Definisi Class dan Objek:
sekumpulan objek-objek yang sama,
- Semua objek dalam suatu kelas memiliki atribut dan operasi yang sama, tetapi nilai atribut dapat berbeda.
- Suatu objek tertentu merupakan instance sebuah kelas.
=>Class dan
Objek : Sekumpulan bola merupakan suatu kelas,
o Seluruh bola memiliki ukuran, berat dan warna, posisi
o Seluruh bola dapat dilempar dan ditangkap
o Bola yang berbeda mungkin memiliki ukuran, berat dan warna yang berbeda –
merupakan instances
Tidak ada komentar:
Posting Komentar